Friday 2 April 2010

Sekilas Tentang Linux

Awalnya kode pembentuk Linux di ciptakan oleh Linus Benedict Torvalds. Linus saat itu seorang mahasiswa di Universitas Helnsiki, Finlandia. Dia sebenarnyua adalah penggemar berat sistem operasi UNIX yang dalam sudut pandangnya, Unix itu memiliki kemampuan dan kualitas yang sangat hebat, ketika itu dia menjalankan sistem operasi UNIX pada komputer intel 386, karena dia menganggap bahwa sistem operasi unix memiliki kemampuan dan kualitas yang kuat, kemudian ini memberi inspirasi beliau untuk membuat sistem operasi sejenis UNIX.
Dia kemudian menyusun dan menulis sistem operasi Linux, Sekedar untuk mengisi waktu senggang atau hobi.Kemudian di meluncurkannya ke internet, selain itu sistem operasi Linux ini dapt di download di internet. Pada tanggal 17 september 1991. Dikenal lah Linux versi awal 0.01 dengan Source kode sebesar 63.362 bytes. Sejak saat itu pula pengembangan Linux secara aktif di lakukan.

pada dasarnya Linux adalah sebuah kernel. Apakah kernel itu ? Secara singkat kernel adalah sebuah jantung dari suatu sistem operasi. Seperti fungsi dari sebuah jantung, kernel tidak bisa di gunakan secara langsung sebagai sistem operasi karena membutuhkan aplikasi aplikasi pendukung lain, agar dapat berjalan sesuai dengan fungsi-fungsi tertentu. Untuk itulh para praktisi Linux meyebut linux sebagai GNU/Linux mengingat Linux tidak dapat berjalan sendiridan tampil selalu menyertakan program aplikasi tambahan lain untuk masuk di dalamnya. GNU menunjukan suatu bendera lisesnsi masuk menangani aplikasi aplikasi lain yang berjalan di linux.
sehingga dapat di simpulkan bahwa linux yang kita kenal sekarang telah di lengkapi dengan aplikasi yang tergabung dalam lisensi GNU sehingga tampak menarik dan indah. Pemaketan yang merupakan gabungan antara kernel (Linux) dengan program program tersebut itulah menjadi sebuah distribusi yang terkenal dengan berbagao macam sebutan seperti Mandrake, Slackware, Debian, Suse dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment